Rabu, 13 Januari 2016

GERD datang tanpa permisi pulang :(

Jadi ceritanya  ini Si Dedek umurnya udah 24w4d...
Ga kerasa yaa tau-tau perut Ami-nya uda mblendung ajah :D

Alhamdulillah, awal2 hamil saya gak ngerasain mual2 ekstrim sampe muntah2 gitu. Mual iya, tapi gak terus-terusan dan gak tiap hari juga. Masuk trimester 2, saya udah ga mual2 sama sekali.

Gejala hamil yang paling kerasa cuma ngantuk! Hahaha...minggu2 pertama hamil kalo suami uda berangkat kerja, saya-nya molor lagi sejam dua jam. Trus habis Ashar juga seringnya  kadang lanjut bobo lagi :p

Ada yang bilang saya ini bumil 'ngebo' alias bumil yang gak rewel. Sebagian teman juga bilang saya begitu beruntung karna gak ngerasain mual2.
Tapi yaa, yang namanya hamil, hormon berubah, bentuk tubuh berubah, pasti yaa ada aja keluhannya. Yang pinggangnya pegel-lah, perutnya begahlah, badan kerasa capek semua, jerawatan, dan yaa, banyak yang gak tau kalo saya terkena penyakit GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) dan sempet juga kena CTS (Carpal Tunnel Syndrome). Dua penyakit ini adalah penyakit yang tidak dialami oleh semua ibu hamil.

Maha besar Allah dengan sifat Adil-Nya yaa, saya dikasih nikmat hamil dalam bentuk yang tidak biasa :)

Nah, untuk kali ini, saya mau sharing dikit ttg GERD yaa...CTS-nya nanti nyusul..

GERD itu...
Adalah penyakit saluran cerna bagian atas (sekitar kerongkongan). Pemicunya (bagi ibu hamil) antara lain adalah peningkatan hormon progesteron, sehingga mempengaruhi kerja otot yang bertugas menutup kerongkongan. Hal inilah yang membuat asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

GERD dialami oleh...
20% ibu hamil pada trimester pertama.
45% ibu hamil pada trimester kedua.
70% ibu hamil pada trimester ketiga.

Gejala GERD...
- mual dan muntah
- batuk dan radang tenggorokan
- dada terasa panas
- nyeri di ulu hati (seperti maag)


Tidak semua gejala diatas menyertai penderita GERD. Saya terkena GERD sejak memasuki bulan ketiga. Yang saya rasakan adalah rasa panas ditenggorokan tiap kali mengkonsumsi sesuatu yang pedas.
Awalnya saya kira ini ‘bawaan bayi'. Tapi kok lama kelamaan semakin parah. Tenggorokan saya panas tidak hanya ketika makan makanan pedas, tapi tiap kali mengkonsumsi sesuatu.
Dan kemudian, bertanyalaah saya dengan mbah google kesayangan...daaan itulah awal mula saya berkenalan dengan GERD.

Saat periksa di RSKIA Sadewa dengan Dr. Yasmin SpOg, saya cm dikasih obat Ranitidin dan beliau menyarankan kalau sampai obat habis tidak ada perubahan, maka saya dianjurkan untuk periksa ke Spesialis Penyakit Dalam/ Internis, karna ditakutkan kalo terjadi peradangan.
Tapi apalah daya, sampe sekarang obatnya itu belom pernah saya minum sama sekali :p


Saya lebih memilih untuk mengubah kebiasaan saya, gak nyentuh makanan pedas sama sekali, yang tadinya makan dengan porsi jumbo jadi setengah porsi tp lebih sering, habis makan juga harus duduk dulu minimal 1jam. Hasilnya? Lumayaannlaah...frekuensi kumatnya berkurang. Pelan tp pasti saya mulai bisa makan yg makanan yg agak pedes.

Tp ternyata itu semua ga bertahan lama ya..
Masuk bulan kelima GERD lagi2 nyerang saya hampir tiap hari, tiap habis maghrib. Apalagi kalo pas sujud, hadududuu...cairan asam lambung bisa tiba2 aja keluar dari tenggorokan. Gak disertai mual muntah, cuma rasanya ada gumpalan yang nyangkut di tenggorokan, dan rasanya panas nyelekit.
Sekarang ini (saya sudah masuk bulan keenam), GERD makin sering nempel di saya. Ga cuma maghrib...pagi, siang, sore, si dia datang ga pulang2 :(

Lagi2 saya harus puasa makan pedes dulu, dan gak makan/minum besar sebelum waktu shalat. Pokoknya selaper apapun, saya harus shalat dulu baru makan. Daripada tersiksa saat sujud, ya kan?

Tanggal 16 Januari nanti jadwal periksa saya dengan Dr. Enny dan sepertinya GERD adalah topik yang lagi2 mau saya bahas. Semoga beliau gak nyaranin ke Internis juga :(

Doakan saya yaa!




1 komentar:

  1. Gerd disebabkan oleh kondisi tidak sinkronna atas beberapa bagian di dalam tubuh anda. Asal usul gerd berasal dari psikosomatik akibat dari pencarian sebab musabab pencarian. Selama tidak diketemukan cara yg tepat sulit akan mendapat kesembuhan. Perlu diketahui bahwa penderita gerd memiliki kemampuan untuk mendekatkan diri kpd tuhan na melebihi orang biasa. Persoalanna adalah apakah anda mampu memelihara kebaikan sebagai wujud pendekatan diri kepada tuhan sehingga menjadi match antara ruh yg menghidupi kita dengan tubuh fisik sebagai media ruh. Temen2 bisa ceritain pengalamanya Gabung aj d SELF KNOWLEDGE FOR GERD wa 083876333044

    BalasHapus