Sabtu, 20 Februari 2016

Dokter Sp.OG recommended!

Namanya dokter kandungan alias SpOG, pasti cocok-cocokkan yaa...Tergantung kepentingan dan kebutuhan kita juga sih. Buat saya pribadi, nyari SpOG di Jogja lumayan bikin pusing. Pilihannya banyak, tapi jarang yang sreg di hati.

Saat pertama kali hamil, PR saya adalah nyari SpOG dengan track record bagus dan punya tempat praktek yang dekat dari rumah saya. Karena saya tau, mood saya akan naik turun saat hamil, jadi akan lebih baik jika tidak berkendara terlalu lama.

Kriteria selanjutnya adalah performa Sang SpOG. Saya butuh sekali dokter yang komunikatif (karna saya tipe pasien yang banyak sekali bertanya).

Pengennya lagi sih, SpOG yang jadwal prakteknya tiap hari dan di satu tempat aja, biar gampang kalo sewaktu-waktu mau periksa. Tapi apalah daya, yang demikian itu gak ada. Kebanyakan SpOG pasti punya jadwal praktek di beberapa Rumah Sakit atau klinik yang berbeda. Sehingga waktu merekapun jadi terbagi-bagi disini dan disana.

Sampe dengan saat ini, saya sudah berkonsultasi dengan 4 dokter.

1. Dr. Supriyatiningsih (Dr. Upik) , M.Kes., Sp.OG. (RSKIA Sadewa)
  • Beliau adalah SpOG saya saat hamil Elkhaira. Review tentang beliau semua baik, lagi pula beliau ini adalah dokter rekomendasi kakak saya. Jadi waktu itu gak pake pikir panjang saya langsung milih untuk periksa sama beliau di RSKIA Sadewa.
  • Dokternya tegas tapi enak diajak ngobrol. Beliau ngejawab apapun yang saya tanyakan dengan jelas. Bahkan sampai akhir beliau masih nanya 'ada yang mau ditanyakan lagi,bu?'. Jadinya tiap kali periksa kitanya puas, walaupun buat saya sesi periksanya terlalu singkat (cuma 10-15mnt)
  • Buat saya, Dr.Upik termasuk dokter yang aware ya sama pasiennya. Beliau lho ngasih nomor hape ke pasien, jadinya kita bisa konsultasi kapan aja. Trus pengalaman saya nih ya, pas selesei sesi tanya jawab bisa-bisanya beliau nyeletuk (sambil nulis resep obat), 'bu, kukunya dipotong yaa...ibu hamil ga boleh punya kuku panjang'. Kwkwkwk....sampe rumah langsung potong kuku sampe gundul. 
  • Beliau juga SpOG yang menangani kuretase saya. Alhamdulillah pasca kuret ga ada masalah sama sekali.
  • Tapiii, untuk kehamilan kedua saya memutuskan untuk pindah ke dokter lain. Gosipnya Dr.Upik praktek dibeberapa tempat, kalo ga salah di PKU, AMC, Happyland, dan Sadewa, plusss masih jadi dosen pengajar. Jadi jadwal beliau super padat. Sedangkan jadwalnya di Sadewa selalu malam hari (dari awal memang saya memilih RSKIA sebagai tempat periksa, jaraknya lumayan dekat, fasilitas memadai dengan harga yang terjangkau). Padahal pasien beliau banyaknya luar biasa. Saya ga sanggup deh ngantrinya..
2. Dr. Yasmini Fitriyati Sp.OG (RSKIA Sadewa)
  • Beliau adalah Sp.OG pilihan saya untuk persalinan nanti. Track recordnya bagus untuk persalinan, banyak yang bilang Dr. Yasmin ini sabar banget pas nangani persalinan. 
  • Pertama kali periksa dengan beliau waktu usia kandungan 6w dan 10w, selanjutnya untuk konsul rutin, sengaja saya gak sama beliau. Beliau bukan tipe dokter yang aktif bicara, jadi kalo ga ditanya ya beliau ga ngomong apa-apa. Ini yang bikin saya memilih untuk konsul dengan dokter lain. Secara yaa..awal-awal hamil pasti banyak banget pertanyaan yang berseliweran. Apalagi dengan riwayat keguguran seperti saya.
  • Lagian, pasien beliau juga banyaaakkk banget. Apalagi kalo periksa dijadwal malam dan kita dapet nomor antrian besar, bisa-bisa pulangnya subuh (ini serius). Jadi mending milih periksa dijadwal yang siang. Pol mentok antrinya sampe tengah malem.
  • Rencananya, memasuki uk 28w, baru saya akan mulai konsul  rutin dengan beliau. Soalnya antisipasi untuk persalinan nanti, paling tidak beliau punya rekam medis saya selama 2-3 bulan terakhir sebelum persalinan.
  • Kalo ga salah sih, beliau praktek di tiga tempat, Sadewa, JIH, dan Hermina.

3. Dr. Enny S Pamuji,  Sp.OG (Praktek pribadi di jl.solo)
  • Beliau adalah Sp.OG saya untuk konsultasi rutin. Tau ttg dokter ini ya dari hasil review-review di internet. Googling sana sini ketemulah alamat tempat praktek beliau di Jl. Solo seberang Hotel Sheraton. Cocok! Deket dari rumah saya :)
  • Pertama kali konsul dengan beliau waktu uk.8w, 12w, setelah itu jadi rutin sebulan sekali, dan terakhir di uk.25w.
  • Sejak awal saya langsung jatuh cinta dengan beliau! Dr. Enny ini orangnya komunikatif banget. Belum sempet nanya apa-apa, udah dijelasin aja sama beliau. Trus sesi USGnya juga lama, kalo dedeknya uda agak gedean ntar dijelasin tuh ini badannya, ini kepalanya, ini perutnya, organ-organ dalemnya. Pokoknya puas!
  • Beliau juga tipe Dokter yang punya banyak pantangan buat pasiennya. Dari pertama periksa dengan beliau, saya langsung dikasih daftar pantangan :
- Ga boleh kena segala sesuatu yang mengandung antibakteri (sabun, hand sanitizer), - Ga boleh makan jahe, tuna, kerang, rempelo hati, sayur mentah, dan segala sesuatu yang dibakar,
- Ga bole make pembersih kewanitaan dan skincare yang mengandung pemutih,
- No anti nyamuk baik yang spray maupun elektrik,
- Batasi konsumsi ikan laut, kopi, teh
Apa lagi yaa...ya pokoknya gitu deh. Saya justru suka dengan Dokter yang banyak pantangan begini, karna -paling tidak- dia sudah meminimalisir resiko-resiko yang mungkin akan muncul.
  • Pokoknya periksa di Dr Enny ini In Syaa Allah puass! Ngantrinya juga masih bisa toleransi. 
  • Setau saya, beliau praktek JIH dan di rumahnya sendiri ( jl.solo, seberang Hotel Sheraton.). Ohya...untuk pendaftaran di rumahnya sendiri kita harus daftar 2 minggu sebelumnya, via telpon dimulai dari antrian 7 dst, sedangkan no.antrian 1-6 buat pasien yang datang duluan. Cukup adil kan ya? :)

4. Dr. E. Phyowai Ganap (Klinik Indira, Jakal km.9)
  • Ini dokter yang saya datengin khusus buat USG 4D. Berawal karna di Sadewa ga bisa USG 4D, searchinglah saya kemana-mana di Jogja ini, dan ketemu yang paling hemat jaraknya mayan deket dari rumah saya ya di klinik beliau :p Ntar deh, buat USG 4D di Jogja saya ceritain dipostingan sendiri.
  • Beliau punya klinik sendiri di Jakal km.9, namanya Klinik Indira. Biaya sekali USG 4D nya 285rb (all include jasa dokter, printout foto usg 1lbr). Kalo mau nyimpen videonya bisa bawa flashdisk sendiri, trus kalo mau nambah printout foto usg cuma 5rb/lbr. 
  • Dr. Phyo sendiri TOP BGT! Enak diajak ngobrol, banyak becanda, ngejelasinnya 11-12 detailnya kayak Dr.Enny. Ini Dokter gak pelit waktu buat pasien. Walaupun di luar pasiennya numpuk, diakhir sesi beliau tetep aja nanya 'ada lagi yang mau ditanyakan , Mba Dewi?'
  • Waktu itu saya dan suami dateng ke Klinik beliau pas uk.28w4d, sayangnya Si Dedek ngumpetin mukanya dibalik ari-ari. Jadinya ga kliatan deh. Tapi walaupun begitu, Dr.Phyo masih mau nunggu Si Dedek pindah posisi sambil beliau ngecek organ-organ lain. Uda lewat 30 menitan, Dedeknya ga pindah-pindah malah ndangak (duh, ini bahasa indonesianya apa ya?hehe). Sempet ngintip sebentar sih tapi trus sembunyi lagi. Yaudah, akhirnya Dr. Phyo nyaranin buat balik lagi 2 minggu lagi. Walaupun gagal dapet foto 4D Si Dedek, saya dan suami seneng banget bisa ketemu dengan Dokter yang super ramah ini. 
  • Tempat prakteknya dimana aja saya kurang tau, yang jelas nama beliau ada di daftar dokter Sp.OG Sadewa, tapi tidak melayani konsultasi, hanya melayani tindakan persalinan atau SC aja. Jadi kalo mau konsul mending ke kliniknya langsung. Senin-Kamis dan Jumat-Sabtu dengan perjanjian, khusus USG 4D hanya dilayani hari Jumat. 
  • Pendaftarannya bisa dilakukan seminggu sebelum hari H, via telpon. Tapi itu untuk daftar aja lho ya, nomor antrian nya nanti dikasih pas nimbang dan ukur tensi. Jadi kalo mau dapet antrian kecil ya harus cepet-cepetan dateng yaa...


Nah, itu deh 4 Dokter Sp.OG di Jogja yang pernah saya datengin. In Syaa Allah semuanya recommended! :)










64 komentar:

  1. Hai, Kak :) Salam kenal, ya. Saya Putri. Duh seneng banget nemu blog kakak yg nyeritain pengalaman ini, dan yg paling penting postingannya belum lama, hehe. Saya mhs pendatang ni kak di jogja, hamil2 skripsian, ldr sama suami. Mau usg bingung surveynya hehe, untung ada post ini.

    Kak, bagi info dong ttg kliniknya Dr Phyo, ada no telp kliniknya kah? Terus bukanya dr jam brp sampe jam brp? Hehe.

    Bakal banyak nanya ni sama kakak. Makasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, halo Mba Putri...
      Ini nomor pendaftaran Klinik Indira Dr.Phyo yaa :085103001500
      Untuk jadwal prakteknya langsung hub nomor itu aja ya 😉

      Lagi hamil berapa minggu mba? Semangat! mudah2an selalu diberi kesehatan buat mommy dan debaynya yaa...

      Hapus
  2. Hallo mbak saya Wulan.
    Biaya periksa didokter Enny di JIH berapa ya mbak? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Wulan, salam kenal ya..
      Kalo biaya periksa Dr.Enny di JIH sy kurang tau mba..soalnya belum pernah. Sy biasa periksa dengan beliau diklinik pribadinya daerah jln solo.
      Kemarin dari awal kehamilan sampai dengan pertengahan trimester-2 biayanya sekitar 250-300rb/periksa.
      Lalu menjelang akhir trimester-2 jadi 400an/periksa.
      Nah, kalo untuk trimester-3nya saya ngga tau berapa, karna langsung pindah periksa ke Sadewa untuk persiapan persalinan disana.
      Semoga membantu ya mba...😊

      Hapus
    2. Hari ini saya ke jih mbak. Konsul sm dokter Enny.
      Biayanya jauuuuh ya mbk dibandingkan dgn kalo periksa di klinik pribadi beliau. Berarti besok kontrolnya ke klinik beliau aja. Hehehe
      Bisa daftar via phone mbak? Dftrnya hari itu juga ato gmn biasanya mbak?
      Terimakasih infonya ya mbak. 😊😊

      Hapus
    3. Dear Mba Wulan..
      Daftarnya bisa by phone (0823.2258.7000) 2 minggu sebelum hari-H. Kalo ga salah inget per-harinya dibatasi hanya 20-25 pasien.
      Semoga membantu yaa mba 😊

      Hapus
    4. mba bety.. kalo boleh tau biaya konsul di JIH brp ya mba? soalnya bsk saya rencana mau konsul ksana.. makasih

      Hapus
  3. hai mbak dewi, biaya konsul dr yasmin di sadewa brpa ya mbak? terimakasih infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau bntu jawab, kebetulan saya dari hamil uk12w periksanya sama doker yasmini terus sampai sekarang uk24w. Biaya periksa di rs sadewa 65rb (periksa dokter+printout usg) :).

      Hapus
    2. Hai Mba Yis, bener yg Mba Dhea Febby bilang.
      Terakhir saya periksa di Sadewa bulan Mei 2016 biayanya 65rb (konsul dr + printout usg 1lbr)

      *maaf telat balasnya, semoga membantu yaa...

      Hapus
  4. Mbakkk,, saya duku jg pasien dr upik...boleh minta no tlpn dr upik gak mbk??? Soalnya pgen konsul2 lg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Jenny..
      Maaf banget saya ga punya no.hp dr.upik mba :(
      Belum sempat minta saya nya uda keguguran.
      Saya tau beliau ngasih no.tlp ke pasien itu dari beberapa pasien lama beliau.
      Maaf ya mba...

      Hapus
  5. Ass mb dewi..boleh minta alamat lengkap atau ancer2 nya prakteknya dokter enny mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ancer2nya...lampu merah pertigaan ringroad utara-jl.solo kekanan, lgsg ambil jalur kiri, kira2 10-15m (sebelah HONDA) belok kiri ke jalan kecil/gang. Di mulut gang ada plang Dr.Enny.

      Maaf telat bgt balesnya 🙇🙇 semoga masih bisa membantu yaa

      Hapus
  6. 2013 november lalu saya lahiran dg dokter enny.. orgnya komunikatif sekali.. semua pertanyaan dijawab.. bahkan sblom nanya pun doi jelasin.. emang bener usg nya detail bgt.. jahitan bekas lahiran normal rapih.. background lulusan UGM ..syg skg sy hamil anak kedua udah gak dijogja lagi..

    BalasHapus
  7. Halo Mba Dewi..
    Waktu praktek dr. Enny di kliniknya mulai jam berapa ya ?
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Ramita...
      Jam mulainya ga tentu mba...
      Nanti pas hari H pasien di sms sama admin untuk konfirmasi + pemberitahuan jam mulai praktek.
      Beberapa hari lalu sy periksa ke beliau, mulai prakteknya jam 15.30.
      Semoga membantu yaa...

      Hapus
  8. Mb..kalau di sadewa dfrrnya pas sxan mau priksa apa dftr dlu.. dsna jga bisa promil kan mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau bantu jawab. Kebetulan saya juga sdang hamil dan konsul di sadewa. Untuk daftar k dr. Upik dan dr. Yasmini bisa dr sminggu sblm hari H, kalau dokter lainnya menyesuaikan. Tapi sebisa mungkin daftar dulu karena kalau pas periksa baru daftar bisa dapat antrian besar dan bisa lama sekali nungguny.

      Hapus
    2. @Nieans 110110
      Maapkeun sy balasnya kelamaan ya mbaa...mohon maklum sy hanya seorang ibu ber-bayi yg sedang hamil lagi 😀
      Jadinya waktu buat ngurus blog terbatas sekali 🙇
      Sependek yg sy tau, kalo ga salah per 28 februari sudah mulai diberlakukan sistem antrian pendaftaran seminggu sebelum hari H mba...
      Dan itu kita bisa lgsg dapat nomor antrian panggil.
      Jadi kita sendiri bisa ngira2 kalo antrian sekian sebaiknya datang jam berapa supaya ga nunggu terlalu lama (fyi, untuk beberapa spog famous spt dr.upik & dr.yasmis antriannya bisa lamaaaaa sekali)

      Nah..kalo mengenai promil sy kurang tau mba. Mungkin bisa ditanyakan terlebih dulu kebagian Informasi yaa

      @noer
      Makasih uda bantu jawab mbaa..seneng bgt kalo ada pembaca blog yg aktif gini 😘

      Hapus
  9. haii mbaa, salam kenal yaa.. kebetulan lg hamil jg nih, tp baru 5w.
    td usg blm keliatan dedeknya.
    rskia plg deket di pku kotagede, sm dr arsi palupi. orgnya ramah dan ga dikasi pantangan apa2, cm teh, kopi, sm minuman isotonik n soda. bahkan perawatan muka jg boleh..
    ada yg pernah sm beliau ngga ya..? boleh dong share.
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Tiffany, perkenalkan sy Kiki, sy lairan taun kmrn dgn dr Arsi juga di PKU, sebelumnya sy kontrol dgn beliau di RSB Rachmi, lairan di PKU Kotagede krn Rachmi ga bisa pake BPJS. Pengalaman sy kmrn alhamdulillah menyenangkan sm dr Arsi mbak, komunikatif dan nyaman bwt konsul, kebetulan sy tipe bumil yg santai waktu itu, ga mau mikir yg aneh2 & ribet, jadi ya cocok sm dokter Arsi :))

      Hapus
    2. Halo bun,salam kenal..,bisa ya kontrol di rachmi lahiran di pku kotagede dgn dokter arsi.itu waktu mau lahiran janjian dl sama dokter arsi atau gmn?di pku kotagede lahiran normal pkai bpjs bs?

      Hapus
    3. Halo bun,salam kenal..,bisa ya kontrol di rachmi lahiran di pku kotagede dgn dokter arsi.itu waktu mau lahiran janjian dl sama dokter arsi atau gmn?di pku kotagede lahiran normal pkai bpjs bs?

      Hapus
  10. Bun, mohon share biaya usg 4d yg lumayan miring area jogja, dmn ya?
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab.. di Klinik Familia Godean bagus dan murah bun.. 250rb an. Tmpt praktek pribadi dr Mitta Prana SpOG yg praktek di RS JIH

      Hapus
    2. Jadwal USGnya hari apa ya bun ?

      Hapus
  11. ada no tlppn ga mbak annisa di klinik familia godean sebelah mana ya mbak?

    BalasHapus
  12. Berdasarkan pengalaman saya, Dr Phyo adalah SpOG terbaik yang pernah saya tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, dokter phyo itu laki-laki atau perempuan?

      Hapus
  13. Salam mbak Dewi n bunda2 yg lainnya. Sy tinggal di ngabean Notoprajan. Sy baru mengandung anak pertama. Alhamdulillah sudah dpt dokter yang komunikatif n g pelit waktu. Nm ny Dr.Kasirun tp jauh bgt Dr rmh. Sy mau nnya apakah ad yg tau n prn Konsul n melahirkan dg menggunakan jasa Dr kasirun? Karna sy berharap sekali punya banyak anak n lahir normal. Mhon info n solusinya mksh bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo..salam kenal :)
      Maaf balasnya kelamaan..hihi maklum punya baby 13m lg heboh2nya...
      Sejauh ini saya belum pernah konsul dengan Dr.Kasirun.
      Maaf bgt yaa blm bisa bantu :(
      Mudah2an teman2 yg lain ada yang tau dan bisa ngasih info yaa

      Hapus
  14. Haii mba dewi saya mau tnya biaya usg + vitamin di rskia sadewa berapa yha??? soalnya saya baru di jogja ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii mba Elisabeth...
      Biaya usg+konsul dokter di sadewa 65rb.
      Kalo untuk vitamin tergantung dari dokternya ngasih resep apa mba...biasanya disesuaikan dengan kondisi dan umur kandungan.
      Semoga bisa membantu yaa 😊

      Hapus
    2. Ralat, sekarang biaya konsul SpOG + USG di Sadewa 75rb.
      Dan ada biaya administrasi 8rb.

      Hapus
  15. Mbak ada yg pernah periksa usg di klinik rawat jalan kimia farma jakal?

    BalasHapus
  16. Terimakasih mba dewi postingan anda sangat membantu sekali untuk saya yg memang pendatang baru di jogja karena ikut dinas suami. Saya tertarik dgn dr. Phyo, kalau boleh tau mulai praktek jam berapa mba? Dan untuk usg 4D masih dgn harga segitu atau sudah naik mba? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba nisaa...maaf baru balas.
      Untuk jadwal dan biaya USG terupdate sy ga tau mba...maaf ya.
      Mungkin bisa lgsg hubungi Klinik Indira langsung mba biar lebih jelas...
      Ini no.nya 0851-0300-1500

      Hapus
  17. Seminggu yg lalu saya USG di klinik Indira dr.phyo, emang bener orgnya enak bgt...jelasin lengkap + sabar bgt... Biaya USG 4D 400rb udah termasuk print, klo mau simpen videonya bisa bawa flashdisk sendiri...

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, terimakasih infonya mba yaya, sangat membantu sekali. Minggu depan insyaallah saya mau ke klinik dr. Phyo.

    BalasHapus
  19. Hallo bundd di sadewa bisa usg 4D enggk yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau sy skrg udah ada lagi mba usg 4Dnya...
      Info detailnya cb hubungi lgsg ke sadewa by phone aja mba ;)

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Mba maaf dr enny s pamuji diklinik pribadinya bisa promil gak mba . Karna sdh 3th menikah blm dikarunia i mba

    BalasHapus
  22. Trmksih infonya bunda,In sha Allah nanti malam mau k sadewa. . Mau promil. . Doakan ya. . ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb sefrita boleh share infony trkait konsul promil ke sadewa ny? Terimakasih :)

      Hapus
  23. Mb sefrita boleh share infony trkait konsul promil ke sadewa ny? Terimakasih :)

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Mbak mau tanya kalo mau dftar di kliniknya dr enny tlp,wa ato sms ya. Nomernya yg tertera itu g aktif soalnya. Kalo misal datang langsung kesana buat daftar bs g? Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy periksa terakhir dg dr.enny awal th 2017 masih menggunakan nomor itu, mba..
      Hanya melayani via tlp dan datang langsung. Itupun antri 2minggu - 1bln.
      Semoga membantu yaa, mba..

      Hapus
  26. utk usg 3d / 4 d disadewa brpa ya??? sama dokter arista..
    ada yg tw kah???

    BalasHapus
  27. Mbak maaf mau minta no dokter upik bisa mbak..urgen.. nwn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sy ngga punya mba, dulu blm sempat minta sy udah keguguran duluan

      Hapus
  28. Malam.. maaf bunda2.. lagi mau promil. Minta share baiknya sama dokter siapa ya? Pengennya yang perempuan, dan kira2 siap dana brapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk di jogja saran sy Dr. Enny SpOG atau Dr. Upik SpOG

      Hapus
  29. terimakasih mb dewi postingannya. sy domisili bogor, saya sdng hamil 36minggu. Rencana mau lahiran dgn Dr.Enny di JIH Yogyakarta, sdh 2x sy periksa di JIH dngn dr. enny.Recomended banget dengan dr.Enny. Cmn makin kesini ko denger kabar dr teman2 klo dr.enny kurang pro dengan lahiran normal. Mohon infonya ibu2 yang pernah lahiran dengan dr. enny di JIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu sy periksa dg beliau, sepanjang yg sy ingat beliau itu pro normal sekali lho mba 😊

      Hapus
  30. Pagi mbak,,,mau tanya2 saya promil dr bulan mei,,juni dikasih copy resep,,juli dikasih copy resep lagi,,trs minum obatnyae sampai berapa bln ya,,atau sampai hamil,,,berapa bulan ya untuk promil mengonsumsi obatnay,,makasih

    BalasHapus
  31. Halo bunda.... Salam kenal saya wuri, mungkin bunda bunda punya rekomendasi buat promil yang bagus di jogja dimana ya bun ? Terimakasih

    BalasHapus
  32. Mbak dewi dulu berapa bulan setelah keguguran trus isi lagi?

    BalasHapus
  33. kak boleh minta no.nya dokter enny ?

    BalasHapus