Rabu, 20 April 2016

Pecah Ketuban dan Kertas Lakmus

Hari ini tepat 38w3d usia kandungan saya. Kontraksi2 palsu datang pergi cuma PHP doang...😰
Nyeri bagian bawah tetep kerasa ga ilang2. Hehe...emejing.

Terusnya...saya mau cerita ttg pengalaman saya beberapa jam yang lalu.
Jadi, ceritanya saya lagi bbm-an nih sama temen pas kuliah dulu. Kebetulan dia baru aja melahirkan dg SC. Saya tanya doong..kok SC emang ada indikasi apa?
Lalu berceritalah dia, katanya pas diperiksa air ketubannya sudah agak berkurang, sedangkan dia blm merasakan kontraksi. Diinduksi selama 36jam tetapi stag di bukaan 2, akhirnya harus di SC.
Nah..ternyata penyebab ketubannya berkurang ini karena sebelumnya uda ngerembes duluan. Air ketuban yang keluar sedikit2 tidak mengalir. Sehingga agak sulit membedakan antara cairan ketuban, keputihan, atau urin.
(Walopun urin itu khas yaa baunya, tapi kadang ada urin yg baunya tidak menyengat, dan buat orang awam tetep aja bikin bingung)

Berawal dari situ saya langsung inget, 2 hari lalu waktu kontraksi palsu datang, ada cairan yang keluar. Terus, kemarin juga gitu. Tadi pagi juga....jangan-jangan........

Langsunglah saya cari tau ttg KPD (Ketuban Pecah Dini). Dan ketemu dengan yang namanya Kertas Lakmus.
Lah hubungannya apa?
Jadi, ini kertas gunanya untuk mendeteksi kadar asam dan basa suatu larutan.
Dilihat dari kadar keasamannya, keputihan itu sifatnya asam, sedangkan air ketuban sifatnya basa, jadi bisa dicek pakai kertas ini.
Ada 2 warna kertas lakmus, biru dan merah.
Lakmus Biru
  • Dalam larutan asam, akan berubah jadi merah.
  • Dalam larutan basa, akan tetap berwarna biru.
  • Dalam larutan netral, akan tetap berwarna biru.
Lakmus Merah
  • Dalam larutan asam, akan tetap berwarna merah.
  • Dalam larutan basa, akan berubah jadi biru.
  • Dalam larutan netral, akan tetap berwarna merah.
Nah, brarti bisa bgt kan buat ngetes air ketuban?
Saya googling akurasinya tinggi. Maka saat itu juga, suami langsung ketempat kakak saya buat ngambil Si Kertas Lakmus ini. Kebetulan kakak saya punya yang warna biru.

Cara ngeceknya gmn?
Idealnya adalah dicelupkan ke dalam larutan yang akan dicoba. Tp karna ini kasusnya adalah ketuban yang ngerembes, yaa jelas ga bisa yaa main celup2an gitu.
Jadi cukup tempelin aja kertas ini ke Mrs.V kita..setelah kertas basah ga usah nunggu lama, warna kertas akan berubah sesuai kadar cairan yang membasahinya tadi.
Kertas lakmus yang saya pakai berwarna biru. Hasil yang tadi didapat kertas berubah jadi merah. Berarti, cairan yg keluar bukan ketuban.
Fiuuuhh..lega. Tadinya saya uda deg2an aja...

Soooooo...
Pesen saya nih buat buibu yang lagi hamil, ga ada salahnya punya persediaan kertas lakmus di rumah. Buat jaga2 aja...
Karna ketuban itu pentiiing bgt buat Debay kita. Jadi jangan sepelekan jika ada cairan mencurigakan yang keluar dari Mrs.V.

Ohyaa..buat yg tinggal di Jogja, setau saya kertas lakmus bisa dibeli di toko alat kesehatan BMJ (deket upn ringroad utara) yaa..

Jadi...
Gitu deh drama kehamilan saya siang ini. Mohon doanya biar kami sehat2 selalu yaaa...😊

3 komentar:

  1. Makasih mbak dewi...
    Bner2 bermanfaat artikelnya.
    Aq juga lagi nyari2 info ttg ini. Alhamdulillah akhirnya ktmu. Smoga bsa berbagi pngalaman yang lain ya... Dr zen blitar

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu , infonya sgt bermanfaat

    BalasHapus
  3. Kalau lakmus merah pas td dcobain berubah jd biru itu tandanya gmn???

    BalasHapus