Kamis, 14 April 2016

Persiapan kelahiran

Belanja Kebutuhan Bayi
Setelah uk.28w, saya dan suami mulai nyicil2 beli perlengkapan buat Dedek. Mulai dari sandang, perlengkapan tidur, perlengkapan mandi, sampai p3k khusus bayi, In Syaa Allah udah lengkap semua walopun jumlahnya ga banyak.
Pertumbuhan bayi kan cepet banget yah...jadi nanti mending beli sambil jalan.

Untuk sekarang kami cuma beli sebutuhnya Dedek di ukuran Newborn aja. Yang penting lengkap, semua tersedia, dan aman dipakai Dedek.
Aman? Iya. Semua sandang atau barang2 yang nantinya akan bersentuhan dengan kulit Dedek secara langsung, saya haruskan berlabel SNI, apapun merknya.
Banyak yg bilang itu cuma label, bagi saya bodo amat. Yang jelas barang2 berlabel SNI emang terbukti beda hanya dengan diraba aja 😉

PREWASH
Mulai uk.34w jalan 35w, saya mulai mencuci semua perlengkapan Dedek yang berbahan kain.
Khusus untuk sandang atau barang2 yang terkena kulit langsung, saya cuci manual dengan tangan (pake detergent liquid khusus bayi), trus saya peres secukupnya, lalu saya bawa ke laundry buat dikeringin pake mesin pengering dan disetrika (tanpa pewangi tentunya!)
Sedangkan kaya kasur bayi, bantal, jarik, dll yg berunsur kain tapi pemakaiannya ga kena kulit Dedek, langsung saya bawa ke laundry, tapi tetep dengan request tanpa pelembut dan pewangi pakaian.

Daftar barang bawaan ke RS saat persalinan tiba 

Daftar bawaan Dedek :
Sebenernya RS Sadewa sudah meng-cover semua kebutuhan Bayi Newborn sampai pulang ke rumah. Tp saya pribadi tetep siaga bawa macem2 barang buat Dedek. Siapa tau nanti butuh..😉

  • 1 set baju lengan panjang & celana panjang
  • 1 set baju lengan pendek & celana pendek
  • 2 set topi, sarung tangan+kaki, popok kain
  • 2 kain bedong
  • 2 gurita (Setau saya Sadewa udah ga memperbolehkan gurita, tp siapa tau butuh, mending dibawa😀)
  • 1 jarik 
  • 1 selimut tipis
  • 1 selimut tebal bertopi
  • 1 bantal bayi
  • 1 handuk
  • 2 washcloth
  • 1 perlak mini
  • 1 pak pampers
  • 1 lembar underpad (udah dipotong jadi 4, tujuannya sih buat jaga2 kalo perlak mini/ pampers mendadak jadi ga berguna. Mmh...mekso bgt ya? Hahaha..biarin dah yg penting bawa 😂)

Daftar bawaan Ami-nya
  • 3 kemeja kancing depan dari atas sampe bawah (persiapan buat IMD)
  • 2 daster 
  • 1 baju terusan untuk pulang
  • 1 jilbab
  • 2 kain jarik
  • 2 sarung
  • 2 nursing bra
  • 4 CD
  • 2 gurita
  • 2 washlap
  • 2 pasang kaos kaki
  • 1 pak disposable panty
  • 1 pak maternity pad
  • 2 pasang breast pad
  • Bedak, lippen, parfum (biar segeran dong yaa habis lahiran 😜)
  • Tasbih

Daftar bawaan Abi
  • 2 kaos
  • 1 celana pendek santai
  • 2 CD
  • 1 sarung + sajadah
  • Handuk
  • Perlengkapan gadget (powerbank, charger, cok 3, mp3, flashdisk isi murratal)
  • Dokumen2 (FC ktp, FC kartu2 jaminan, FC kk, sampe FC buku nikah pokoknya lengkappp 😀)

Lain-lain
  • Toiletries buat mandi Abi (kalo buat saya pasti sudah disediakan oleh RS)
  • Minyak kayu putih
  • Minyak telon
  • Baby oil 
  • Handsanitizer
  • Tissue basah
  • Tissue kering
  • Bed cover kecil + bantal buat Abi pas nungguin nanti
  • Minuman (3 aqua, 1 pocari, 2 sari kacang ijo, 1 susu coklat)
  •  Makanan (biskuit susu kesukaan saya + malkis yang ada taburan gulanya)
Semua minuman& makanan saya sesuaikan dg kebutuhan nanti ketika lahiran. Udah 2 minggu ini saya diet karbohidrat dan gula demi ngejaga BB Dedek supaya ga kebesaran. Jadi pas hari H harus siap sesuatu yg manis buat tenaga.

Tapi kok ribet bawa2 dari rumah? Iya, biarin orang bilang apa. Saya cuma ga mau suami atau orang2 terdekat saya repot. Karna setau saya, RS Sadewa itu jauh dr supermart 24jam, sedangkan kantinnya cuma buka sampe jam 9nan mlm. Nah, kalo saya butuh minum sama ngemilnya tengah malem gmn? 😊

Oke, balik ke persiapan melahirkan yaa...
Jadiii...sejak uk.36w barang2 di atas udah siap dipacking. Saya yang bikin daftar barang2nya, suami yang packing. Kenapa suami? Karna kemungkinan besar nanti yg ngurus ini ono semuanya adalah suami. Jadi Mas Suami harus tau betul letak barang2 yang dibutuhkan.
Kalo diitung sampai hari ini, berarti udah hampir 2 minggu itu koper dan tas nangkring di pojok kamar, siap bin ready untuk dibawa kapan aja 😁

Total bawaan saya dan suami ada 4 :
- 1 koper isi bawaan saya dan suami
- 1 tas isi bawaan Dedek
- 1 tas isi makanan dan minuman
- 1 plastik isi bed cover dan bantal

😀😀😀
Biarin deh disangka mau pindahan. Prinsip saya mah mending bawa dan nyiapin lebih daripada ribet belakangan. Toh sebelum masuk kamar barang2 itu bisa ditaro dimobil dulu.

Jadi yaa gitu deh kerempongan pra-persalinan saya dan suami. In Syaa Allah, semuanya sudah siap.
Tinggal nunggu Dedek ngasih isyarat aja nih...

Mohon doanya supaya persalinan saya nantinya berjalan normal, lancar, sehat, aman, nyaman, dan tenang yaa...😆😆😆😆

2 komentar:

  1. sangat membantu bagi kami yang baru mau melahirkan anak pertama :)
    makasih banyak mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      Sama2 mas, semoga persalinannya lancar yaa 😊

      Hapus