Jumat, 08 April 2016

Senam Hamil di Jogja

Oke, postingan kali ini adalah tentang senam hamil.
Yep, sejak uk. 24w kalo ga salah, saya uda mulai rutin ikut senam hamil di sana sini. Total ada 3 tempat yang uda saya ikutin sampe akhirnya mentok di 1 tempat karna itu yang paling sreg di hati.

1. Senam hamil Kelas Maryam di Klinik Rahayu
Awalnya nyoba senam hamil, saya senam disini. Pertama dan yang utama karna jaraknya dekeeeeettt buanget dari rumah 😀. Saya senam di Klinik Rahayu sekitar 3-4x.

    • Jadwal : tiap hari Minggu jam 8 pagi
    • Biaya : Gratis
    • Peserta : Ga tentu yah, kadang 4 orang, kadang 6 orang, bahkan pernah cuma 2 orangpun senam tetap dilaksanakan.
    • Gerakan senamnya standar, dari kepala sampai kaki dapat gerakan. Buat saya sih kurang bikin capek 😀 ga tau buat yang lain.
    • Seingat saya ada 3 gerakan shalat yang dimasukkan dalam rangkaian senam di Kelas Maryam ini.
    -- Gerakan rukuk (untuk mengatasi      punggung pegal)
    -- Duduk tawaruk, dengan tumit kaki kiri diposisikan tepat dibawah perineum (untuk melenturkan perineum agar meminimalisir robekan)
    -- Sujud (agar posisi janin kebawah)

    • Selsei senam ada sesi diskusi sambil makan snack bareng.


2. Senam hamil & Hypnobirthing di RSKIA Arvita Bunda
  • Jadwal : sebulan sekali ( hari Minggu, minggu ke-3 atau ke-4 setiap bulannya) jam 8.30 pagi.
  • Biaya : Gratis
  • Fasilitas : dapet snack kotakan sama merchant dari sponsor (pigeon)
  • Tempatnya enak sih, aula full AC. Begitu masuk, matras dan bantal sudah berjajar rapi.
  • Sesi pertama sambutan dari Pihak RS disertai pengetahuan singkat ttg kehamilan
  • Sesi kedua 'jualan' dari pihak sponsor besarnya yaitu Pigeon. Bagi calon2 mama yang menggunakan produk ini pasti seneng bgt. Karna khusus pas acara senam mereka ngejual macem2 produknya dengan harga distributor yang selisihnya lumayan jauh dengan harga toko. Selain Pigeon, ada beberapa merk susu ibu hamil juga yg dijual (sgm, prenagen, dll) yang dijual dengan harga super miring juga. Sayangnya saya ga pake Pigeon dan ga konsumsi susu hamil lagi 😥
  • Sesi ketiga senam hamil, cuma 15 menit.
  • Sesi keempat tanya jawab. Nahh..ini nih enaknya, kita bisa nanya apapun masalah seputar kehamilan dengan bidan2 disono.
  • Sesi kelima hypnobirthing sama psikolog.
  • Sebenernya yang saya incer tiap kali dtg ke acara senam di Arvita ini cuma sesi hypno-nya..pluss kenalan sama bumil2 yang lain. Hehe...buat saya pengaruh bgt lho punya banyak kenalan bumil. Paling ga kita bisa tukeran info ini itu.
  • Saya ikut senam disini 3x


3. Senam hamil di RSKIA Sadewa
  • Haini, sampe sekarang saya mentok senam disini 😀
  • Jadwal : Tiap hari Minggu jam 9 pagi & Rabu jam 4 sore.
  • Biaya : 15 rebu (dapet snack kotakan)
  • Pertama kali dtg kita harus ambil matras, taro ditempat yg diinginkan, plus taro tas diatasnya buat penanda itu matras udah ada yang punya.
  • Peserta lama langsung antri ke Bidan Riris (instruktur senamnya) buat cek tensi dan posisi janin. Sedangkan peserta baru haruss isi kartu dulu yg didalamnya ada keterangan nama, tgl HPHT, tgl HPL, dan umur kehamilan. Nah, semua peserta senam disini wajib tau umur kehamilan masing2 dalam hitungan minggu. Pokoknya harus tepat, sesuai HPHT. 
  • Peserta berkisar antara 30-40 orang. Hehe..lucu deh kalo bumil2 pada ngumpul. Perutnya pada buncit2 semua 😀
  • Buat saya senam disini mayan banget bikin keringet. Gerakannya lumayan bikin capek, ditambah teknik pernapasan yang harus bener (kalo ga bener pasti langsung ditegur sama bidannya)
  • Sekilas Bidan Riris emang terkesan galak yaa...tp sebenernya engga bgt. Beliau teriak2 gitu demi kita dan dekbay. Tiap kali bumil melakukan gerakan diluar kebiasaan (senam termasuk diantaranya) maka bumil wajib melakukan napas panjang sesuai dengan teknik yang beliau ajarkan. Kenapa? Demi debay di perut. Supaya asupan oksigennya tetap tercukupi.
  • Selesai sesi senam, ada sesi tanya jawab. Kalo peserta lebih dari 40orang bakal dilanjutkan dengan sesi materi ttg macem2 (IMD, cara menyusui yg benar, teknik pijat bayi). 
  • Saya pribadi dapet ilmu banyak banget sejak ikut senam di Sadewa. Walopun semua itu bisa kita dapet dari bacaan, tetep aja beda ya ketika kita tau langsung dari orang yg memang berkompeten di bidangnya.

Ya ini deh senam2 hamil yang pernah saya ikutin. Pertimbangan saya tiap kali mau senam cuma jarak, jadi tempat2 senam diatas semuanya pasti berjarak dekat dengan rumah saya 😁

Rencana sih...selama masih kuat dan mampu, saya bakal terus lanjut senam di Sadewa. Secara pengen lahiran disana juga kan...jadi paling tidak bisalah dapet gambaran apa2 yang nanti akan terjadi dan harus dipersiapkan.

Huhu..btw, tepat hari ini uk. saya 36w5d. Tinggal bentar lagi menuju hari H...
Mulai ga sabar tapi juga deg2an...😱

Doakan saya yaa!! 🙇🙇








Tidak ada komentar:

Posting Komentar