Senin, 11 April 2016

Sekolah Rahim Ami

Sejak uk. 20w, Dedek udah mulai sekolah. Sekolah Rahim Ami namanya. Tempatnya di rahim saya. Gurunya saya sendiri, Ami-nya 😀

Hehe...
Berawal dari internet..akhirnya saya tau ada metode pendidikan dini untuk janin dalam kandungan.
Karna terlalu selo  tertarik, saya pun mulai cari tau lebih lanjut. Ternyata dibeberapa negara yahudi, para wanita hamil dianjurkan untuk menyelesaikan beberapa soal matematika rumit setiap harinya. Tujuannya adalah mendidik janin yang dikandung lewat Ibunya. Ga heran ya..banyak orang yahudi yang terlahir jenius.
Berawal dari situ, saya pun semangat pengen nyoba. Karna harapan saya kelak Si Dedek menjadi anak yang shalih, maka saya merancang kurikulum berbasis Islam.


  • Dalam sehari, ada 2 sesi, pagi/siang dan sore/malam (Saya akan memulai pelajaran kalo Si Dedek lagi aktif2nya gerak).
  • Tiap sesi 15-30menit.
  • Media yang saya gunakan gulungan kertas, ujung yang 1 ditempelkan ke perut, ujung lainnya di bibir saya (pura2nya kayak mic gitu 😁)
  • Tiap sesi di isi dengan materi sbb: 
  1. Mendengarkan murratal bacaan Al Quran dari MP3 --> Saya pilihkan surat2 utama seperti Al-Waqiah, Ar-Rahman, Al-Mulk, Yusuf, Maryam, dll...untuk suaranya saya pilihkan suara anak2 seperti Ahmad Saud atau Thaha Al-Junayd
  2. Membaca cerita/dongeng --> Si Dedek saya bacakan kisah 25 nabi&rasul, kisah2 Rasulullah, kisah2 sahabat Rasulullah, dan baru2 ini saya bacakan dongeng2 lokal karna stok cerita Islami saya sudah habis 😁
  3. Nyanyi --> Dedek saya nyanyikan lagu2 anak semacam Balonku, Pelangi, Bintang kecil, dll. Karna lagu anak itu terbatas, jadi kalo udah habis stok..materi yang awal saya ulang lagi. Tiap sesi, lagu yang jadi materi saya nyanyikan 3x.
  4. Pengenalan/hafalan kata/kalimat ---> Kata2 seperti Allah, Muhammad, Islam, Shalat, dll..kemudian kalimat2 Thayyibah, dan Asmaul husna. Tiap sesi saya ucapkan kata/kalimat tersebut 20-30x
  5. Lain2 --> yang ini bebas ya, kadang saya dengerin suara adzan, kadang saya bacain doa harian, kadang juga saya ajak ngobrol2 aja.
  • Masing2 materi diulang setiap hari selama seminggu, kecuali untuk materi membaca cerita/dongeng. 1 cerita hanya untuk 2 sesi pagi/siang dan sore/malem. Secara yaa kisah2 nabi dan sahabat Rasulullah kan banyak banget. Kisah 25 nabi&rasul aja udah buat 25 hari 😀.
  • Lalu untuk materi hafalan, karna sekarang materinya uda sampe Asmaul Husna, jadinya tiap hari ganti materi. 1 nama untuk 1 hari.


Jadiii, tepat hari Senin, 14 Des 2015 (uk. 20w)..Dedek mulai belajar di Sekolah Rahim Ami. Kenapa mulainya umur 20w? Karena pada umur segitu, pendengaran janin sudah mendekati sempurna. Jadi itu waktu yang sangat tepat memperdengarkan segala hal yang baik untuknya.

Back to Sekolah Rahim, tiap akan memulai sesi belajar, selalu saya awali dengan salam dan membaca Al-Fatihah..lalu di akhiri dengan permintaan maaf kalo ada salah, ucapan mesra I love U, kemudian salam lagi 😊

Alhamdulillah sampai dengan sekarang Dedek sudah pernah mendengarkan murratal (dengan intens) kurang lebih 12 surah Al-Quran, Nyanyian 12 lagu anak, ratusan cerita nabi dan para sahabat nabi,  puluhan hafalan kata dan kalimat 😉.

Sekilas keliatan menyenangkan dan ringan ya buat ngelakuinnya? Hehe..
Yang jelas untuk memulai ini semua butuh komitmen dan konsistensi yang kuat. Ngomong dari 1 arah itu ga semudah yang dibayangkan lho yaaa...
Awal2 memang kerasa ringan, lama kelamaan males pasti muncul. Apalagi kalo sesi malem, kadang saya sampe ketiduran waktu ngasih materi 😂. Syukurlah dari uk.20w sampai uk.33w hampir ga pernah bolong ngajarin Dedek tiap hari.

Cuman sejak uk.34w sampe dengan sekarang sayanya mulai agak kacau nih. Malesnya kumat, pelupanya juga parah. Kadang sampe 3 hari Dedek ga belajar sama sekali 😭 Kalo udah gitu saya ngerasa bersalaaahhh banget. Kasian kan kalo dia sampe nunggu2 😖

Oh ya...diluar kurikulum Sekolah Rahim ini, murratal bacaan Al Quran selalu saya putar tiap malam dari mau tidur sampe subuh. Buat jaga2 aja kalo2 Dedek tengah malem kebangun sementara saya dan Abi-nya tidur pules.

Jam tidur malam juga saya terapkan. Misal kalo sudah waktunya tidur, saya akan bilang ke dia,
'Dek, ini udah malam, waktunya kita bobo. Nih liat lampunya Ami matiin ya Nak...tuh gelep kan? Sekarang kita istirahat, besok pagi bangun trus main2 lagi yaa..'
Habis itu saya berbaring, baca doa mau tidur dengan bersuara, sambil ngusik2 perut. Alhamdulillah kalo malam Dedek ga pernah gerak2 heboh. Mudah2an dia ikut bobo yaa..hehe. Syukur2 jadi kebiasaan nanti kalo Dedek udah lahir, biar ga bikin Ami-Abinya begadang mulu 😀

Trus yaa..tiap mau mandi, mau makan, mau shalat, mau pergi, saya pasti ngomong dulu ke Dedek.

'Dek, kita mandi dulu yaa sayang..biar wangi nanti dicium Abi'
'Dek, kita pergi ke pasar yaa, bentar aja kok..ini sama Abi, Abi jangan ngebut2 yaa, Bismillahitawakaltu...dst'

Yaa..pokoknya tiap ada waktu saya pasti ngobrol sama Dedek. Dia ada didalam diri saya, maka itu buat saya, dia punya hak untuk tau apa saja yang sedang saya lakukan.

In Syaa Allah...apa yang saya lakukan ini bisa bermanfaat buat Dedek, bisa menjadikannya bayi yang shalih dan pintar.

Aamiin, aamiin, allahumma aamiin. 😇












Tidak ada komentar:

Posting Komentar