Senin, 19 Juni 2017

Proses lahirnya Alfa

Karena waktu persalinan kedua semakin dekat, mau ga mau saya harus nulis tentang proses lahirnya Alfa.
Kalo ga gini hutang saya ga lunas2, pada mereka yang saya janjikan, terlebih pada diri saya sendiri. Ya, karena bagi saya, menyimpan cerita menyakitkan itu sama saja menyuburkan rasa takut dan dendam. Kok bisa dendam? Makanya baca dulu... jadi ceritanya begini...

Rabu 4 Mei 2016, 05.30 WIB.
Kontraksi pertama datang. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencatat jam dan jeda kontraksi. Waktu itu, agar lebih mudah saya memakai aplikasi di smartphone.
Feeling sih udah yakin bener bakal melahirkan hari itu. Karna rasa sakitnya beda dari kontraksi2 palsu sebelumnya. Maka itu Abi saya suruh masukin barang2 yang sudah siap bawa ke dalam mobil.
Kontraksi pertama hilang, muncul kontraksi kedua dan ketiga dengan jeda masing2 20 menit. Oke fix, berarti persalinan sudah didepan mata.
Karena bekal baca dan dengar sana sini, saya masih santai. Masih fase laten. Saya pun ngajak Abi belanja kebutuhan bulanan ke swalayan deket rumah.
Setengah waktu di swalayan saya hampir ga sanggup berdiri, tapi tetep saya paksa jalan juga.
Sampe di rumah sekitar pukul 09.00, langsung tiduran. Sekitar pukul 10.00 saya memutuskan untuk periksa bukaan di bidan terdekat.
Setelah diperiksa, Si Bidan muda bilang saya udah bukaan 3. Ok, berarti sudah waktunya pergi ke RS.

Rabu 4 Mei 2016, 11.30 WIB.
Sampai di RS langsung masuk IGD. Di cek sama dokter jaga...ternyata saya masih bukaan 1! Astagaaa...cemana pula Bidan muda tadi periksaaa 😥😥😥

Rabu 4 Mei 2016, 15.00 WIB
Sudah bukaan 3. Saya dipindahkan ke ruang persalinan. Disana saya ditemenin sama mama dan Abi.
Kontraksi sudah semakin sering, sakit juga makin menjadi-jadi. Tapi tetep masih bisa ngobrol dan ketawa2.

Rabu 4 Mei 2016, setelah magrib.
Proses bukaan berjalan lambat. Sedangkan saya udah ga bisa selow. Tiap kali kontraksi datang saya peluk Abi sekencang yg saya bisa. (Alhamdulillah...sesuai dengan niat saya, sampai akhir persalinan, ga sedikitpun sy nyakitin nyakar, nggigit, ato nyubitin Abi)
Asam lambung saya juga naik. Jadinya selain kontraksi, saya juga muntah2.
Seketika ingat, ternyata dari pagi belum makan. Sekalinya saya makan, makanan yg masuk malah keluar semua. Bidan yang jaga tidak berbuat apa2, hanya setiap 1 jam sekali mereka datang untuk periksa dalam.

Rabu 4 Mei 2016, 21.00 WIB.
Sampai pada bukaan 8.
Kontraksi yang tadinya terasa sakit, sekarang berubah jadi sakit+ngeden. Kalo ada yg bilang ngeden-nya orang lahiran rasanya sama kayak orang mau pup...saya yakinkan itu SALAH 100%. Rasanya ituuuu 1000x lipat lebih sakit 😩
Oke, lanjut ya...lalu ketuban saya dipecah oleh Bidan. Saya ga tau secara medis tindakan ini dimaksudkan untuk apa. Kesimpulan pribadi saya, mungkin hal ini dilakukan agar proses bukaan lengkap menjadi cepat.
Tapi....ternyata yang terjadi saya stag di bukaan 8. Sehingga harus diinduksi.
Nah..setelah induksi, kontraksi jadi tidak berjeda. Ngeden ga bisa ditahan, dan muntah2 masih berlanjut.
Para Bidan? Masih seperti sebelumnya, tiap 1 jam periksa dalam.
Dan...oh ya, salah satu dari mereka hanya berkata...
"Mbaknya yg semeleh...melahirkan itu udah kodratnya wanita. Ini mbaknya belum semeleh makanya bukaannya lambat"
 ......(???!!%#$&)

Fase induksi
Perkiraan meleset, setelah diinduksi bukaan tetap berjalan lambat. Sedangkan  ketuban sudah pecah. Dan saya tetap ga bisa nahan hasrat ngeden tiap kali kontraksi datang.
Sampai Si Bidan tadi datang lagi dan ngomong, "Mbak, jangan ngeden...ini kepala adeknya udah benjol karna mbak ngeden terus!"
Ah, Bidan ini ya..lagi2...(??!!#%%)
Bayangkan keadaan saya yang sedang berjuang melawan sakit demi mengeluarkan bayi yang sudah saya kandung selama 9bln. Lalu dia bilang kepala anak saya sudah benjol???!!

Kemudian entah darimana asal muasalnya...diluar ruang bersalin tersebar kabar bahwa tangan anak saya berada dibawah alias sungsang. Hal ini tentu saja bikin mama dan semua keluarga yg nungguin jadi panik ga karuan.

Kamis 5 Mei 2016, 00.01 WIB, Bukaan lengkap.
Sebenernya saya lupa pastinya jam berapa, yang jelas setelah pukul 00.01, bukaan dinyatakan lengkap.
Dokter pun segera datang.
Oke, kasur bagian bawah sudah dilepas agar memudahkan Dokter membantu persalinan. Kaki saya sudah diposisikan.
Dokter siap tepat di depan selangkangan memegang jalan lahir saya lalu....dia tertidur.
Hahh?!!?
Komando dan teriakan penyemangat berasal dari seorang Bidan berjilbab (bukan Bidan yang berkata judes tadi).
Sang Dokter, kadang terbangun lalu berkata..'ayo mbak dikit lagi' trus merem, lagi. Kalo bukan tidur apa lagi namanya? Sedang berdoa? Apa berdoa sambil memejamkan mata selama proses persalinan bisa dibenarkan?!
Beberapa kali ngeden gak juga berhasil. Nyawa rasanya udah kayak diawang2.
Hingga Sang Dokter (alhamdulillah dalam keadaan terjaga) mengambil keputusan untuk vakum. Lalu dia tertidur lagi...lalu terjaga dengan gelagapan, berdiri, mengambil gunting, lalu meletakannya lagi, seperti orang linglung.
Ayo...bayangkan lagi menjadi saya melihat langsung itu semua...
Saat itu saya benar2 hampir putus asa. Di kanan-kiri saya sudah terdengar suara tangisan bayi, padahal kala itu saya duluan yg masuk ruang bersalin.

Kamis 5 Mei 2016, 02.07 WIB.
Alat vakum sudah disiapkan. Paha saya disuntik agar apa saya ga tau.
Dokter berdiri didepan saya, Bidan penolong dan Bidan Bayi siaga disebelah Dokter. Beberapa Dokter lain (setau saya mereka dokter di IGD) juga berjaga didekat tirai yg menutupi tempat bersalin saya.
Kemudian jalan lahir saya digunting...ada sedikit jeda hingga saya sempat merasakan aliran panas merembes (hal ini juga menjadi pertanyaan saya, kenapa bisa sampai ada sedikit jeda? Apakah secara medis hal itu wajar terjadi??)
Lalu vakum dimasukan...dan sebentar saja, seorang bayi mungil keluar dan langsung diletakkan diperut saya.
Alfa tiba di dunia.
Dia merintih lirih, sayangnya ketika itu posisi Alfa membelakangi saya sehingga yang terlihat hanya punggungnya.
Ga sampe semenit, Alfa langsung dilarikan Bidan Bayi ke ruangan lain untuk diobservasi. Jarak ketuban pecah dan proses lahiran yg lama membuat ketuban saya menjadi hijau, jadi Alfa harus diberi tindakan. Saya cuma bisa nangis ngeliat Alfa dibawa pergi.

Proses selanjutnya...saya disuruh ngeden lagi untuk mengeluarkan ari2. Lalu jahit menjahitpun dilakukan. Karena Abi tau betul saya phobia jarum, dia langsung pindah posisi yg tadinya diatas kepala saya jadi ke samping kanan, memeluk saya dari depan. Abi ngajak saya bicara, padahal saya tau dia hanya ingin mengalihkan perhatian saya.
Kalo ditanya dijahitnya sakit apa engga? Saya jawab rasanya cekit2 aja. Mmh..Mungkin karena udah kalah sama rasa sakit sebelumnya yaa.

Setelah rampungan semuanya, saya dipindahkan ke kamar. Waktu itu sekitar pukul 03.00. Abi dan Papa pulang karna Abi harus segera ngurus ari2 Alfa. Kakak saya dan keluarganya pun pulang. Cuma mama yg tinggal nemenin saya.
Saya minta mama naik ketempat tidur, kami berbaring berdua sambil ngobrol. Gak lama mama tertidur..sedangkan saya sama sekali ga bisa. Kepala saya sakiitt sekali..mau bangunin mama kok kasian, ya sudahlah...saya tahan aja rasa sakitnya.

Kamis 5 Mei 2016, 05.00 WIB.
Sama sekali saya ga bisa tidur, karna saya pikir mama udah cukup istirahatnya, lagian udah subuh juga, jadi beliau saya bangunin...saya bilang saya kebelet pipis.
Mama ngebantu saya berdiri, beliau memegang saya dari belakang, lalu kami berjalan beberapa langkah...dan tiba2 saya pingsan.
Saya terbangun saat sudah terbaring ditempat tidur. Kemudian entah bagaimana menjelaskannya...saya mulai menangis, bukan, saya meraung seperti bocah kecil. Saya mengoceh tentang kemarahan saya karena Sang Dokter Famous yang ketiduran, tentang betapa takutnya saya karna Si Dokter Famous itu tertidur, tentang kekesalan saya tidak bisa IMD, tentang kesedihan saya karna saya tidak bisa memeluk anak saya.
Suasana sedikit heboh. Perawat masuk ke kamar, memasang infus. Dokter jaga dan Bidan Penolong yg berjilbab juga masuk ke kamar menenangkan saya.

Kamis 5 Mei 2016, 08.00 WIB.
Saya bilang (lagi) ke mama, saya mau ke kamar mandi. Mama ngelarang karena takutnya saya pingsan lagi..tp karna saya memaksa akhirnya saya disuruh duduk dulu sebentar dipinggir kasur. Selama duduk saya ngobrol beberapa hal sama mama, bahkan sempet ketawa2 ngomongin kejadian pagi saya ngoceh ga jelas. Eeehhh...pas giliran berdiri, saya pingsan lagi!

Kamis 5 Mei 2016, 09.00 WIB.
Setelah (akhirnya) berhasil makan tanpa muntah, saya paksa Abi untuk nengok Alfa. Karna terlalu sibuk dengan saya, Abi sampai lupa.
Sekembalinya Abi dari ruang bayi, saya baru tau bahwa Alfa berada di ruang karantina. Alfa di diagnosa Sepsis Neonatorum, dengan penjelasan kadar leukositnya mencapai 18.000 (atau 25.000, saya lupa 😐). Sehingga, Alfa harus diobservasi dan di-inject antibiotik setiap sekian jam sekali selama 3 hari.
Mendengar itu, bisa atau tidak bisa, saat itu juga, saya harus bertemu Alfa!

Kamis 5 Mei 2016, 10.00 WIB.
Saya siap bertemu Alfa. Udah mandi, udah dandan, kursi roda udah siap didepan pintu, perawat juga udah nunggu.
Saya ke Ruang Bayi ditemani Abi dan seorang perawat. Sampai depan pintu Ruang Bayi, saya jalan dituntun oleh si perawat. Kami melewati beberapa Bidan Bayi yang jaga, yang salah seorang dari mereka tiba2 nyeletuk,

Bidan Bayi : 'Mba, jalannya biasa aja...'
(FYI, ya..jalan saya waktu itu emang kayak robot bawa infus. Maklum, selama masa kontraksi beberapa kali saluran pip saya dipasang kateter, dan..ah ya! baru 8 jam yang lalu vagina saya diobras, dijahit luar dalam~)
Perawat.     : 'Habis pingsan 2x ini mba'
Saya            : '.....(sambil ngematke muka Bidan itu)'
Bidan Bayi : 'Kalo habis jatuh ya ga usah kesini, disini cewek semua, kalo jatuh yang mau mbopong siapa?'
Saya            : '.....(tetep sambil ngematke mukanya)

Sepertinya dia Bidan (agak) senior, karna dia udah bertugas dibelakang meja. Umur sekitar awal 40. Perawakannya tinggi, kurus.
Saya ga tau apa masalah Bidan itu sampe dia tega ngomong begitu. Alhamdulillah, jiwa preman saya bisa diredam saat itu. Kalo bukan karna Alfa masih harus dirawat selama 3 hari disana, mungkin dengan sisa2 kekuatan saya yang ada, hari itu saya bikin gaya jalannya jadi kayak robot juga ~

Setelah dia salting karena saya hanya berdiri diam sambil ngeliatin mukanya, saya nerusin jalan keruang karantina.
Entah bagaimana caranya menjelaskan perasaan saya saat itu. Disana ada banyak bayi. Ada yang terpasang selang dihidungnya, di dadanya, bahkan disekujur tubuhnya.
Saya berkeliling, berusaha mencari papan keterangan orang tua atas nama saya dan Abi. Sampai pada satu titik, saya menemukan Alfa...

Hal pertama yang bisa saya lakukan adalah diam mematung didepannya. Tanpa berani menyentuh. Entah lewat berapa menit, saya usap kepalanya, dia sedikit menggeliat. Lalu saya buka bedongnya, saya usap tangannya, dan langsung disambut genggaman erat pada jari telunjuk saya. Ketika sampai saya melihat kakinya, Subhanallah...kakinya terbalut kassa guna merekatkan papan dan suntikan untuk injeksi obat (ah, gimana ya jelasinnya..pokoknya gitu). Ibu mana yang ga hancur ngeliat bayinya yang baru lahir ada dalam keadaan seperti itu??
Segera, saya angkat dan peluk dia. Alfa menggeliat terjaga, tapi tidak menangis. Saat saya susui pun dia langsung pintar dan lahap.
Di ruang itu, diantara bayi2 yang sedang berjuang dan suara denyut mesin perekam jantung yang mengerikan....sambil menyusui Alfa, saya yakin, sayabisa menghadapi apapun hal berat di depan saya nantinya.

Sejak saat itu, setiap hari, tiap 2jam sekali sampai pukul 23.00, walau masih di infus dan jalan masih kayak robot, saya rutin ke ruang bayi untuk menyusui Alfa. Saya gak mungkin seperti ibu2 lain yang bisa istirahat tenang setelah persalinan lewat. Alfa sedang berjuang, apalagi yang bisa saya lakukan selain ikut berperang?
Karena Alfa masih harus diobservasi, saya pun minta melanjutkan rawat inap di RS sampai Alfa boleh pulang.

Minggu 8 Mei 2016.
Saya dijadwalkan bertemu dengan Dokter yang merawat Alfa. Setelah 3 hari observasi, tubuh Alfa tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Alhamdulillah, Alfa dinyatakan sehat! Dan hari itu juga boleh pulang.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Setelah Alfa di rumah, apa yang saya lalui berjalan seperti drama. Dari mulai simpul jahitan dalam yang tiba2 lepas (ini serius, dan sukses bikin saya histeris), sampe tamu-tamu yang ga berhenti datang, bukannya saya ga bersyukur banyak orang yang peduli, tapi waktu itu saya butuh sekali istirahat.
Saya jadi uring-uringan, gampang nangis, dan keberanian saya tiba-tiba merosot tajam. Mungkin ini salah satu gejala depresi postpartum ya?

Jadi keseluruhan proses kelahiran Alfa dari mulai kontraksi pertama sampai Alfa keluar, total 20 jam. Di ruang bersalin 11 jam. Nginep di RS 3 malam 4 hari.
Saya menjalani pemulihan pasca persalinan yang cukup lama. Tubuh saya benar-benar berada dalam kondisi sehat setelah 1,5 bulan. Sedangkan mental? Butuh waktu 3 bulan bagi saya untuk berhenti jadi anak cengeng. Bahkan sampai dengan hari ini, tiap kali teringat masa persalinan, tiba-tiba sekujur tubuh saya menjadi ngilu.

Banyak yang nanya...kenapa Abi diam aja ketika Sang Dokter tidur?
Akan sangat fatal jika saat itu Abi marah2 ato minimal negur Sang Dokter. Ya kalo Sang Dokter sadar atas kesalahannya, nah kalo gengsinya malah naik? Ditengah-tengah proses persalinan pula?
Makanya Abi lebih milih untuk menyemangati saya.

Tadinya, kejadian ini mau diperpanjang oleh pihak keluarga. Tapi saya yang ga mau. Bukan tipe saya banget sebenernya...tapi yah sejujurnya, saya ingin sekali memaafkan semua orang yang bersikap buruk dalam cerita lahirnya Alfa.
Saya pikir...alangkah lebih buruknya saya sebagai manusia jika mengabaikan bahwa bersamaan dengan kejadian itu pula, saya diberi seorang bayi laki-laki yang lucu.

Maka itu, banyak sekali pemakluman-pemakluman yang saya tanam dalam hati saya untuk mereka. Kasus ini sudah selesai.
Bismillah, apa yang saya tulis ini adalah kejadian sebenarnya tanpa ada maksud sedikitpun menjelekkan orang2 tertentu. (Untuk itu, semua komentar tanya tentang siapa dan dan dimana akan saya hapus yaa)

Yaah...ga kerasa uda panjang banget ini ceritanyaa 😅
Jadi begitulah cerita tentang kelahiran Alfa, seorang bayi laki-laki luar biasa yang dititipkan kepada saya dan Abi. Yang pada namanya tersemat doa semoga ia menjadi manusia yang selalu membawa segala kebaikan, disyafa'ati Allah, serta mampu menerangi jalan kedua orang tuanya.
Semoga dengan ini, saya mampu melepas segala ketakutan demi menjalani persalinan kedua yang sudah semakin dekat. Aamiin.

1 komentar:

  1. Mb dewi
    Jd lahiran dek alfa
    Tetep menggunakan dkter dan rumah sakt yg d rencnakan sejak awal itu?

    BalasHapus