Rabu, 30 Maret 2016

Acara 4 bulanan dan Mitoni

Super latepost sebenernya kalo sekarang ngomongin tentang Mitoni (7 bulanan), apalagi acara 4 bulanan. Secara skrg uda hamil tua 35w3d, hehehe...

Tapi gpplah yaa...sekedar sharing dan buat jadi brangkas kenangan saya :)

Jadiii, pada kehamilan ini, saya ngadain 2x syukuran sederhana.
Yang pertama, tanggal 15 Nopember 2016 untuk syukuran 4 bulanan dan tanggal 7 Februari 2016 untuk Mitoni.

Syukuran 4 bulanan.
Dikatakan setelah 120 hari ditiupkanlah ruh pada janin dalam kandungan. Maka itu, saya dan suami sepakat buat ngadain acara doa dan baca surat Ar-Rahman bersama. Pesertanya cuma keluarga inti (kakak2 kandung dan keluarganya), tetangga sebelah rumah, dan Ustad Abbas sebagai pemimpin doa.
Waktu itu acara mulai jam 3.30 sore, selesai jam 4.30, lanjut acara ngobrol sambil nyemil2 snack, trus jam 5 saya dan suami pamit ke Panti Asuhan buat nganter nasi box.
Waktu itu kami berbagi dengan adik2 di Panti Asuhan Al Wahaab, daerah Condongcatur. Pas itu udah deg2an aja, bisa tepat waktu ngga. Janji jam 5 sudah sampe sana, sedangkan td jam 5 baru dari rumah. Tapi, Alhamdulillah sebelum Maghrib semua beres. Walaupun ga ketemu sama Pak Pur (pengurus), yang penting hajat saya dan suami sudah terlaksana dan In Syaa Allah tersampaikan.

Syukuran 7 bulanan (Mitoni)
Adanya Mitoni ini pure karna adat Jawa ya. Sebenernya saya dan suami gak niat ngadain acara ini, tapi karna kami masih tinggal dengan orang tua, dan kebiasaan di lingkungan yang masih sering ngadain acara2 ginian, jadi yaa sudahlah...manut aja. Buat saya sih, itung2 sebagai pemberitahuan ke warga aja bahwa itu tuuh di rumah itu ada Ibu hamil, sudah 7 bulan, sebentar lagi lahiran. Jadi paling tidak, kalau nanti terjadi hal2 mendesak..warga pun siap membantu.
Mitoni ala kami, cuma nganter2 nasi box+rujak ke warga komplek, warga kampung area rumah, dan keluarga ajah.
Ga pake acara2 dodol dawet, belah kelapa, dll itu. Kenapa? Karna buat bikit acara full adat gituan budgetnya bisa setengahnya budget resepsi pernikahan😅
Sayang uangnya kan yaaa...mending ditabung buat persiapan lahiran Dedek, hehehe


Ya itu deh acara-acara selama hamil ini. In Syaa Allah semua acara dilandasi dengan niat untuk berbagi. Bukan karna kepercayaan ini itu. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar